Gebyar Vaksinasi SMKN 2 Baleendah, Dalam Rangka Mendukung Percepatan Vaksinasi Pelajar Di Jawa Barat

Vaksinasi pelajar dan warga Jawa Barat, terus digalakan, sebagai salah satu upaya membentuk kekebalan kelompok, di masa pandemi COVID-19 yang sudah melanda tanah air sejak Maret 2020.

Di samping itu, juga untuk mempercepat, 37 juta warga Jawa Barat tervaksinasi, pada bulan Desember 2021.

SMKN 2 Baleendah, Kabupaten Bandung salah satu sekolah yang menjadi tempat penyelenggaraan vaksinasi masal bagi siswanya juga keluarga besar SMKN 2 Baleendah

Agus Priyatmono, Plt Kepala SMKN 2 Baleendah, menjelaskan bahwa sekolah yang dipimpinnya dan berada di Jalan RAA Wiranatakusumah No. 11, menjadi tempat penyelenggara saja.

Untuk tahap pertama dilaksanakan, 11 September 2021, sedangkan tahap kedua dihelat tanggal 9 Oktober 2021.

“Kami sangat mendukung percepatan kegiatan vaksinasi program pemerintah dan kami dengan senang hati menyediakan tempat menyelenggarakan kegiatan ini,” kata Agus, di kantornya, Sabtu (9/10/2021).

Agus pun berharap dengan kegiatan vaksinasi masal tersebut, siswa maupun guru SMKN 2 Baleendah bisa tervaksinasi semua sehingga kami bisa menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas.

“Ini merupakan salah satu cara penyelesaiannya, supaya pembelajaran tatap muka terbatas bisa lebih nyaman, sesuai dengan harapan kita semua,” kata Agus.

Sementara itu Dede Riyadi, Wakasek Kesiswaan SMKN 2 Baleendah, mengungkapkan bahwa vaksinasi itu diikuti sekitar 1667 siswa.

“Untuk vaksinasi tahap dan dosis pertama yang lolos screening serta bisa divaksin sebanyak 1300-an siswa. Untuk vaksinasi tahap dan dosis kedua ada 1300-an siswa. Sisanya siswa kami yang ikut vaksin dosis pertama di hari ini. Jumlah yang divaksin sekitar 1600-an,” kata Dede.

Masih kata Dede, pelaksanaan vaksin di SMKN 2 Baleendah, bekerjasama dengan Kesdam III Siliwangi/Polkes TNI.

Sedangkan untuk tenaga kesehatan terdiri dari dua orang dokter, enam tenaga screening serta empat orang tenaga yang menyuntik. Pada kegiatan itu juga guru dan tenaga kependidikan turut serta menjadi panitia internal.

“Untuk target sasaran vaksin ini yakni para siswa. Tetapi ada juga beberapa orang guru. Total guru dan tenaga kependidikan di SMKN 2 Baleendah ada sekitar 120-an orang. 80 persen sudah divaksin. Sisanya ada yang tidak bisa karena sakit asma, gula darah, masa penyitas dan lainnya,” kata Dede.

Dede pun mengakui, ada 300-an siswa SMKN 2 Baleendah, baru disuntik vaksin dosis pertama

“Nanti untuk dosis keduanya akan kordinasi dengan Polkes TNI, mengikuti jadwal dengan Polkes. Skenarionya bisa pihak Polkes kesini, kedua ikut di Polkes Baleendah karena jumlahnya tanggung,” kata Dede.

“Kami memprogramkan agar semua siswa bisa tervaksinasi. Sehingga siswa bisa lebih banyak mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas,” kata Dede.

Lebih lanjut kata Dede, sejak bulan September juga sudah dilakukan uji coba pembelajaran tatap muka. Namun dalam sehari yang turut serta hanya lima rombongan belajar (rombel) dari 48 rombel yang ada. Mereka tediri dari siswa jurusan Tata Boga, Teknik Komputer Jaringan, Tata Busana, Tata Kecantikan dan Kimia Industri.

Dede pun mengatakan SMKN 2 Baleendah, menerapkan protokol kesehatan yang ketat, sebelum masuk lingkungan sekolah para siswa dan warga sekolah dicek suhu tubuh dengan thermo gun, menyediakan hands sanitizer, wastafel di depan setiap kelas dan lainnya.

“Umumnya siswa belajar tatap muka selama 1 kali dalam satu bulan. Berharap sesudah ini siswanya banyak yang bisa mengikuti tatap muka dan waktunya lebih lama. Intinya kami menuggu arahan dari Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah VIII,” kata Dede.

Syechan, siswa kelas XII, sangat senang bisa turut serta divaksin. Apalagi bisa memperoleh sertifikat vaksin, yang bisa digunakan untuk berbagi kepentingan, termasuk melamar kerja.

“Harapannya dengan kegiatan ini semoga lebih sehat lebih kuat dan pandemi COVID 19 cepat usai,” kata Syechan. [SR]***

0 Total Komentar

Tuliskan Komentar

grin
LOL
cheese
smile
wink
smirk
rolleyes
confused
surprised
big surprise
tongue laugh
tongue rolleye
tongue wink
raspberry
blank stare
long face
ohh
grrr
gulp
oh oh
downer
red face
sick
shut eye
hmmm
mad
angry
zipper
kiss
shock
cool smile
cool smirk
cool grin
cool hmm
cool mad
cool cheese
vampire
snake
exclaim
question