TATA BOGA

A. Visi , Misi dan Tujuan Kompetensi Keahlian Tata Boga.

Visi Kompetensi Keahlian Tata Boga
Menjadi Kompetensi Keahlian unggulan  di bidang Tata Boga tingkat Jawa Barat tahun 2020 yang menghasilkan sumber daya manusia mandiri, berjiwa wirausaha, terampil, kompeten dan handal yang menguasai IPTEKS  serta selalu menjunjung tinggi nilai nilai IMTAQ.

B. Misi Kompetensi Keahlian Tata Boga

  1. Menghasilkan siswa yang memiliki kepribadian dan berbudi pekerti luhur berdasarkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menghasilkan siswa yang mampu menguasai perkembangan IPTEKS.
  3. Menghasilkan lulusan yang terampil di bidang tata boga, mandiri berjiwa wirausaha serta berwawasan global dan berdaya saing yang siap mengisi dan atau menciptakan lapangan kerja bidang tata boga  atau kuliner.

C. Tujuan Kompetensi Keahlian Tata Boga

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik
  2. Mendidik peserta didik agar menjadi warga negara yang bertanggung jawab
  3. Mendidik peserta didik agar dapat menerapkan hidup sehat, memiliki wawasan pengetahuan dan seni
  4. Mendidik peserta didik dengan keahlian dan ketrampilan dalam Kompetensi  Keahlian Tata Boga, agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi pekerjaan yang ada di DUDI sebagai tenaga kerja tingkat menengah.
  5. Memiliki keahlian dalam Mengolah dan menyajikan makanan Indonesia, Mengolah dan menyajikan makanan continental, Melakukan pelayanan makanan dan minuman., Berwirausaha pada bidang tata boga dan Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris.
  6. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.


D. Beban Belajar Siswa
Beban belajar merupakan keseluruhan kegiatan yang harus diikuti peserta didik dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun pembelajaran.

  1. Siswa belajar selama 3 Tahun 
  2. Beban belajar di SMK Negeri 2 Baleendah dinyatakan dalam jam pembelajaran per minggu , berupa teori dan praktek
  3. Durasi setiap satu jam pembelajaran adalah 45 menit.
  4. Beban belajar di kelas X, XI, dan XII dalam satu semester paling sedikit 18 minggu dan paling banyak 20 minggu.
  5. Beban belajar dalam satu tahun pelajaran paling sedikit 36 minggu dan paling banyak 40 minggu.
  6. Penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur bagi peserta didik SMK maksimum 60% dari jumlah waktu kegiatan tatap muka dari mata pelajaran yang bersangkutan.
  7. Pembelajaran di Industri / Prakerin 

E. Profile Tim Pendidik  Kejuruan Tata Boga
Ketua Program Studi    : Dra. Noor Yuli Astuti
Guru Guru :

  1. Dra. Leni Heryati
  2. Dra. Lia Komalia, M.M.
  3. Dra. Eti Rohaeti
  4. Dewi Kania, S.Pd
  5. Dewi  Pertiwi, S.Pd.,M.M.
  6. Dra. Tri Suryawati, M.M.
  7. A.Mahyar, S.Pd.,M.M.
  8. Ida Widyaningsih, S.Pd.,M.M.
  9. Enung Nurhayati, S.Pd.
  10. Tiara Edianti, S.Pd.
  11. Winda Fridayanti, S.Pd.

D. DOKUMENTASI

Media GambarMedia GambarMedia Gambar

 

TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

A. Profile

Sekilas Pengertian Tentang Jurusan TKJ. Teknik Komputer dan Jaringan atau yang lebih populer disebut TKJ adalah salah satu jurusan yang terdapat di Sekolah Menengah Kejuruan yang mempelajari tentang segala sesuatu tentang komputer, baik itu hardware maupun software. Jurusan TKJ merupakan jurusan yang populer saat ini dan banyak diminati oleh calon peserta didik yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang SMK.

Teknik komputer dan jaringan saat ini keberadaannya sudah mulai terlihat dimata publik, dimana jurusan ini merupakan jurusan yang sudah mendekati ilmu praktisi yang langsung dapat diimplementasikan dilingkungan dunia kerja profesional. Jurusan TKJ bertujuan untuk mencetak tenaga profesional yang ahli di bidang Information & Technologi (IT).

B. Berikut adalah beberapa alasan peserta didik memilih jurusan Teknik Komputer.

  1. Melihat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sudah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari bagi setiap orang yang dimana pekerjaannya sebagian besar menggunakan teknologi informasi misalnya Komputer, Handphone, IPOD dan lain sebagainya.
  2. Transaksi bisnis saat ini rata-rata sudah bergantung kepada mesin-mesin yang bekerja selama 24 jam misalnya perusahaan-perusahaan Hosting, Bank, perusahaan yang bergerak dibidang Komunikasi sekalipun.
  3. Setiap hari, setiap bulan dan tahun teknologi informasi berkembang tiada henti seiring dengan perkembangan jaman khususnya dijaman digitalisasi seperti sekarang ini.
  4. Peluang kerja di era kedepan sudah dipastikan manusia dapat berinteraksi dengan mesin-mesin yang bekerja secara kontinyu, dimana manusia beperan sebagai kontrol terhadap mesin-mesin tersebut.
  5. Dalam kehidupan sehari-hari manusia sudah sangat bergantung kepada pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi baik itu dibidang usaha, ekonomi, perbankan, perindustiran, bahkan saat ini sudah mermbah kebidang pendidikan dan lain sebagainya.
  6. Ahli IT memiliki peluang yang sangat besar dalam dunia pekejaan, dan sangat di minati oleh perusahaan – perusahaan besar.
  7. Lulusan IT selain bisa menjadi pekerja, namun juga bisa menciptakan pekerjaan sendiri.

C. Lingkup Pekerjaan di bidang Teknik Komputer dan Jaringan menurut Wikipedia :

  1. Penyedia jasa layanan internet
  2. Mengidentifikasi kebutuhan keamanan jaringan
  3. Mendesain sistem keamanan jaringan
  4. Menginstalasi sistem keamanan jaringan
  5. Menginstalasi dan administrasi server otentikasi
  6. Mengoperasikan sistem keamanan jaringan
  7. Monitoring keamanan jaringan
  8. Jaringan nirkabel
  9. Merancang dan melakukan survey lapangan
  10. Membuat antenna
  11. Menginstalasi jaringan nirkabel
  12. Mengkonfigurasi peralatan
  13. Mengoperasikan jaringan nirkabel
  14. Administrator server
  15. Mengatur server
  16. Mengatur band width
  17. File sharing
  18. Memantau server
  19. Mengatur lalu lintas jaringan
  20. Integrator komputer
  21. Merakit komputer
  22. Memperbaiki komputer
  23. Menginstalasi sistem operasi berbasis graphical user interface (GUI) dan text-based user interface (TUI)
  24. Integrator VOIP
  25. Indentifikasi kebutuhan
  26. Merancang jaringan VOIP
  27. Instalasi softswitch
  28. Administrator Linux
  29. Melakukan instalasi sistem operasi Linux
  30. Melakukan perawatan sistem operasi Linux
  31. Melakukan virtualisasi
  32. Integrator dan administrator jaringan
  33. Merancang bangun dan menganalisa Wide Area Network
  34. Memasang jaringan lokal
  35. Melakukan instalasi perangkat jaringan area luas (Wide Area Network)
  36. Menginstalasi sistem operasi jaringan
  37. Menganalisa dan memperbaiki kerusakan, kesalahan, atau kondisi tidak bekerjanya koneksi di sistem jaringan
  38. Merancang basis data web untuk content server
  39. Instalasi web server
  40. Instalasi basis data server
  41. Instalasi server jaringan
  42. Instalasi sistem manajemen konten
  43. Instalasi dan integrasi perangkat lunak kolaborasi
  44. Administrator web
  45. Konfigurasi web
  46. Perawatan web
  47. Memantau jaringan
  48. Mengatur lalu lintas jaringan
  49. Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan area luas (Wide Area Network)
  50. Melakukan perbaikan dan/atau mengatur ulang koneksi jaringan area luas (Wide Area Network)
  51. Memantau keamanan jaringan
  52. Melakukan perbaikan dan/atau mengatur ulang koneksi jaringan.

D. DOKUMENTASI

Media GambarMedia GambarMedia Gambar

 

KIMIA INDUSTRI

A. Profile

Kimia Industri adalah kompetensi yang mempelajari pengolahan bahan baku (mentah) menjadi bahan jadi (produk). Kompetensi keahlian Kimia Industri memiliki prospek yang luas di bidang industri.
Salah satu bidang industri saat ini yang berkembang dan terbesar adalah Industri Kimia, sehingga diperlukan tenaga-tenaga lulusan Kimia Industri yang ahli, terampil dalam menguasai Teknik Kimia untuk mendukung dalam pengembangan dan penguasaan teknologinya.
Untuk menyiapkan lulusannya, kompetensi keahlian Kimia Industri memberikan bekal kepada peserta didiknya melalui kegiatan pembelajaran berbasis teori dan praktik. Selain mata pelajaran muatan nasional dan kewilayahan serta dasar bidang keahlian, peserta didik dibekali mata diklat yang terkait kompetensi keahlian yang diampunya antara lain:

  1. Analisis Kimia dasar
  2. Teknik Dasar Pekerjaan Laboratorium Kimia
  3. Dasar-dasar Mikrobiologi
  4. Azas Teknik Kimia
  5. Alat Industri Kimia
  6. Operasi Teknik Kimia
  7. Proses Industri Kimia
  8. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Lulusan Kompetensi Keahlian Kimia Industri memiliki kemampuan sebagai :

  1. Laboran Laboratorium Kimia
  2. Operator Proses Industri Kimia
  3. Tenaga Quality Control (QC) Industri Kimia
  4. Tenaga Research and Development (R&D) Industri Kimia
  5. Tenaga kimia di berbagai industri makanan dan minuman, Kesehatan dan kecantikan, Cat, Tekstil, Pengolahan Air, Pupuk dan Pestisida, Pertambangan dan pengolahan minyak bumi, dll
  6. Wirausahawan yang dapat membuat bahan organik maupun anorganik seperti penyulingan minyak atsiri, pembuatan kertas daur ulang, VCO, berbagai macam Sabun, Hand sanitizer, Desinfektan, dll 
  7. Mahasiswa dengan melanjutkan Pendidikan ke jenjang D3 maupun S1 
     

B. DOKUMENTASI

Media GambarMedia GambarMedia Gambar

 

TATA BUSANA

A. UNIT KOMPETENSI

  1. menganalisa dan membuat desain sesuai pesanan (Fashion Design)
  2. membuat pola sesuai desain(Pattern Making)
  3. memeriksa kualitas pola dan potong
  4. memeriksa kualitas bahan utama dan bhan tambahan 
  5. menyiapkan alat jahit dan tempat kerja dengan memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja (K3)
  6. menangani situasi darurat, memelihara dan memperbaiki alat jahit dan alat bantu jahit 
  7. menjahit busana dengan menggunakan mesin (Sewing)
  8. mengerjakan pengepressan busana (Pressing)
  9. menjahit busana dengan alat jahit tangan
  10. membuat hiasan pada busana (Embroidery)
  11. memeriksa proses dan hasil jahitan (Quality Control)
  12. menyetrika, mengemas,  menyimpan busana (Finishing)

B. DOKUMENTASI

Media GambarMedia Gambar Media Gambar

 

TATA KECANTIKAN RAMBUT & KULIT

A. UNIT KOMPETENSI

  1. Menerapkan Lingkungan Kerja Bersih dan Aman sesuai Prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja  (Sanitasi Hygiene Kecantikan)
  2. Melakukan Persiapan Kerja
  3. Melakukan komunikasi dengan Pelanggan dan Teman sejawat
  4. Mengaplikasikan Pengetahuan Anatomi dan Fisiologi untuk Perawatan Kecantikan
  5. Merawat Kulit Wajah Tidak Bermasalah  (Facial)
  6. Merias Wajah Sehari-hari
  7. Merawat Tangan, Kaki dan Mewarnai Kuku  (Mani & Pedicure)
  8. Merias Wajah Cikatri, Geriatri, Panggung, Foto / TV / Film, Karakter & Fantasi
  9. Merawat Badan secara Tradisional  (Body Massage & Waxing)
  10. Mencuci Rambut  (Shampoing)
  11. Merawat Kulit Kepala dan Rambut  (Dry Treatment & Creambath)
  12. Mengeringkan Rambut dengan Alat Pengering  (Blow Dry)
  13. Merawat dan Membentuk Hairpiece
  14. Melakukan Penataan Rambut  ( Styling )
  15. Memangkas Rambut 
  16. Melakukan Pewarnaan Rambut
  17. Melakukan Pratata
  18. Mengeriting Rambut
  19. Melakukan Penataan Sanggul Tradisional dan Kreatif
  20. Menerapkan Pelurusan Rambut  (Smoothing & Rebonding)
  21. Menerapkan Penyambungan Rambut  (Hair Extension)
  22. Menjual Produk dan Jasa Kecantikan

B. PROFIL LULUSAN

Persaingan di Industri Kecantikan pada era globalisasi ini semakin menuntut lulusan memiliki Kompetensi yang baik sehingga mampu menghadapi persaingan tersebut. Para lulusan  Kompetensi / Paket Keahlian Kecantikan Kulit dan rambut di SMKN 2 Baleendah  di bentuk menjadi calon  Junior Beautician/Kecantikan Kulit Klaster 2 dan Calon Junior Stylish 2  yang professional dibidangnya.

Adapun hal yang dititik beratkan adalah sebagai berikut :

  1. Manicure & Pedicure
  2. Spa &nail Art
  3. Rias Wajah Khusus dan Kreatif
  4. Perawatan Wajah dengan Tehnologi
  5. Perawatan Badan dan Pencabutan Bulu
  6. Memangkas Rambut dan Menata Rambut
  7. Melakukan Penataan Sanggul Tradisional dan Kreatif
  8. Mengeriting Rambut dan pelurusan Rambut

C. DOKUMENTASI

Media GambarMedia GambarMedia Gambar