1. Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)

Media GambarOSIS adalah kepanjangan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Umumnya organisasi ini berada di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Dalam strukturnya, pengurus dipilih sendiri oleh siswa dalam lingkup sekolah dengan tujuan untuk mencapai raihan dan keterampilan tertentu serta memupuk nilai organisasi dan musyawarah dalam sebuah kelompok.
Pembina : Dede Riyadi, S.Sn, MM.


Untuk yang ingin menjadi bagian dari kami? mari bergabung bersama kami dan kuatkan hati serta motivasi diri.
link pendaftaran : https://bit.ly/recruitment-pengurus-osis

2. PRAMUKA

 

3. PASKIBRA

 

4. PMR

 

5. DKM Cristal

Media GambarDKM Merupakan singkatan dari Dewan Keluargaan Mesjid yang merupakan suatu organisasi yang dimuat dalam bentuk ekstrakulikuler di sekolah. DKM dewasa ini lebih populer dengan sebutan ROHIS yang merupakan singkatan Rohani Islam Sekolah.
Setiap sekolah SMA maupun SMK pasti memiliki ekstrakulikuler kerohanian atau Rohis yang mereka namai dengan nama yang berbeda-beda dengan sekolah yang lainnya. Begitu pula dengan SMK Negeri 2 Baleendah, memiliki sebuah Ekstrakulikuler Kerohanian Yang Dinamakan DKM Nurul ‘Ulum yang berdiri pada tanggal 28 Oktober 1994 bersamaan dengan dibangunnya Mesjid Nurul ‘Ulum.
Seiring berjalannya waktu kurang lebih pada tahun 2006, ekstrakulikuler kerohanian SMK Negeri 2 Baleendah berganti nama yang awalnya bernama DKM Nurul ‘Ulum yang sesuai dengan nama mesjid SMK Negeri 2 Baleendah diganti menjadi CRISTAL yang merupakan singkatan dari Club Remaja Islam Digital hingga saat ini.

6. KPALH  Pelangi

Media GambarKPALH Pelangi adalah suatu organisasi / perhimpunan yang bersifat ekstra kurikuler, yang bergerak dalam bidang kepecintaalaman, di bawah OSIS SMK Negeri 2 Baleendah Bandung. KPALH - Pelangi kepanjangan dari Kelompok Pecinta Alam Lingkungan Hidup – Pecinta Alam Linkungan Indonesia. Salah satu tujuan dari KPALH Pelangi adalah membina serta memupuk kader pembangunan bangsa yang bertanggung jawab serta mengembangkan kemampuan fisik, mental,dan intelektual yang tinggi

Pembina : Firman Firdaus, S.S.

 

7. SC Pariwisata Modeling

 

 

8. SC Teknologi

Media GambarScientific Club merupakan Ekstrakulikuler yang mewadahi siswa/i yang memiliki minat terhadap sains dalam bentuk kegiatan yang menarik dan menyenangkan namun mendidik, serta sebagai tempat untuk mengembangkan kreativitas siswa di SMKN 2 Baleendah.

Pembina : Yeti Herawati, S.Si., M.M.Pd

 

9. CIT

Media GambarInternet dapat membantu mendapatkan informasi dan dapat memberikan informasi dengan cepat dan murah. Hal ini membawa pengaruh yang   signifikan terhadap kebiasaan seseorang maupun organisasi, karena dengan teknologi internet efektifitas dan efisiensi waktu, tenaga dan dana dapat ditekan semaksimal mungkin. Maka dari itu untuk menciptakan sumber daya manusia yang ada di SMKN 2 BALEENDAH yang mampu untuk mengolah informasi dengan dapat membangun sebuah layanan informasi. Dengan alasan ini penting kiranya di SMKN 2 BALEENDAH diadakan Ekstrakurikuler IT Club yang mana arah pengembangannya adalah peserta di bekali pengetahuan dan keterampilan komputer.

Pembina : Ryan Farismana, M.Kom

 

10. Student English Fun

Media GambarSEF merupakan sebuah ekstrakullikuler yang berbasis pengembangan dan pengetahuan bahasa inggris. SEF dibentuk pada tahun 2003 oleh Bapak Syamsudin. S.Pd, yang merupakan guru bahasa inggris dan kesiswaan pada saat itu. SEF dahulu berkepanjangan Student English Forrum, tetapi karena sama dengan forum di ITB, maka kepanjangan SEF berubah menjadi Student English Fun.

 

 

11. Wahana Vokalia

 

12. Karawitan Sadisadana

Media GambarEkstrakulikuler karawitan “ SADISADANA “ di ambil dari bahasa    sunda yang artinya asal bunyi, tetapi mempunyai nilai estetika. 
Karawitan “ SADISADANA “ didirikan pada tanggal 20 April 2007 dan didirikan untuk waktu yang tidak terbatas. Ekstrakulikuler karawitan “ SADISADANA” berkedudukan di SMK NEGERI 2 BALEENDAH Jl. RAA Wiranata kusumah No. 11 Baleendah, Kabupaten Bandung. Karawitan “SADISADANA” berkreatifitas tanpa batas ruang dan waktu, tidak tergantung kepada alat yang konvensional saja, sebab hakikat musik adalah bunyi.

Ekstrakulikuler karawitan “SADISADANA” berazaskan kekeluargaan, kelompok, solidaritas antar anggota, menjunjung tinggi pendidikan serta bertanggung jawab terhadap sekolah, agama, bangsa, dan negara kesatuan.

13. Teater Dwi Citra

Media GambarTeater Dwi Citra Putra Budaya (TDCPB) adalah ekstrakurikuler yang bergerak di bidang seni petunjukan. TDCPB didirikan pada tanggal 14 Februari 1993. Kegiatan TDCPB meliputi latihan rutin setiap hari jum'at pukul 14.00 sampai 17.00, Pagelaran tiap tahun,Kolaborasi dengan ahli longser dan teater dan mengikuti kejuaraan. Prestasi yang sudah didapat, diantaranya Juara 1 Laung Longser tingkat Jawa Barat, Juara 1 FLS2N tingkat Kabupaten, dan Filanis FLS2N tingkat Jawa Barat.

Instruktur : Dediadi Arif (Khonde Kinayungan)

Pembina : Nita Qisthi Hardiyanti, S.Pd

14. Perisai Diri (PD)

 

15. Karate

 

16. Volley

 

17. Badminton

 

18. Basket

 

19. Futsal

 

20. Bahasa Jepang

Media GambarSakura no Hanasaku merupakan ekstrakulikuler yang mempelajari bahasa & budaya Jepang. Ekskul ini terbuka bagi siapa saja yang tertarik untuk mendalami bahasa & budaya Jepang. Pembelajaran bahasa & budaya Jepang dilakukan dengan berbagai macam metode yang menyenangkan dan juga tidak membuat bosan. Disini kami tidak membedakan anggota-anggota ekskul, seluruh bagian dari "Sakura no Hanasaku" sudah kami anggap sebagai keluarga sendiri, kami belajar bahasa & budaya Jepang bersama-sama.

Pembina : Dra. Tintin Sugliawati